Senin, 09 Mei 2011

Rihlah Ilmiah SD DARUL ILMI FULL DAY SCHOOL SURABAYA 2011

Rihlah Ilmiah merupakan kegiatan rutin tahunan yang diadakan oleh SD DARUL ILMI, tujuan utamanya anak-anak di ajak untuk melakukan pembelajaran di luar dan langsung bisa berkonsultasi dengan Narasumber yang berpengalaman. Disini ada banyak hal positif yang dilakukan selain pembelajaran di luar, mengajari anak lebih mandiri, kritis, dan observasi secara langsung dengan objek yang terkait dan didampingi oleh guru-guru.

Setiap kelas mempunyai tujuan Rihlah Ilmiah yang berbeda, diantaranya:

Kelas 1 di Planetarium dan KBS






Disini anak-anak akan disambut oleh pengelola museum dimana museum ini dikelola oleh TNI-AL. Di dalam museum berisikan senjata-senjata perang, baju perang, dan miniature kapal-kapal yang digunakan oleh para pejuang kita tempo dulu dan dilengkapi oleh dokumentasi foto-foto peristiwa jaman dulu.

Selanjutnya anak-anak juga akan masuk ke ruang Planetarium. Di ruangan ini tempat kita belajar tentang astronomi dan rasi bintang. Astronomi dan rasi bintang ini terbentuk dari pancaran projector khusus yang di rancang untuk pembelajaran.

Setelah belajar di Planetarium, tujuan kedua adalah ke KBS, atau sering disebut Kebun Binatang Surabaya. Tempat belajar aneka satwa yang ada di Surabaya dan digolongkan menjadi beberapa kelompok diantaranya: mamalia,aves,reptile,pisces, dln. Suasana didalamnya sejuk dan ditemani kicau burung serasa berada di hutan dalam kota.



Anak-anak belajar langsung terjun ke objek yang diamati, Seperti mengelompokkan hewan berdasarkan jenis habitatnya. Kelompok hewan darat, hewan air, maupun hewan darat dan air atau lebih dikenal dengan amphibi. Setelah belajar mengamati satwa-satwa saatnya menikmati Outbond


Kelas 2 di Maharani Zoo dan WBL

Tujuan Rihlah Ilmiah kelas 2 kali ini ke daerah Lamongan tepatnya di Maharani Zoo dan WBL. Dimana letak Maharani Zoo dengan WBL dekat sekali maka rute yang pertama kita ke Maharani Zoo dan di lanjut ke WBL.








Di Maharani Zoo terdapat Kebun Binatang dan Goa Maharani. Sebelum menikmati wahana anak-anak belajar terlebih dahulu tentang binatang. Disini anak-anak akan mengamati dan menggambar hewan yang dipilihnya. Kemudian menjelaskan fungsi masing-masing setiap anggota tubuh hewan dan di lanjut masuk ke dalam goa. Setelah belajar anak-anak menikmati wahana yang ada di WBL.

Kelas 3 di Jatim Park I

Jatim Park I merupakan tempat belajar dan bermain yang berada di kawasan Batu-Malang. Disini kita bisa belajar tentang IPTEK, Budaya, Sejarah, Biologi dan masih banyak lagi. Namun kali ini anak-anak belajar tentang Sumber Daya Alam yang dapat diperbaruhi maupun yang tidak dapat diperbaruhi dan Budaya Indonesia





Anak-anak di bagi menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok akan di dampingi oleh guru pembimbing masing-masing. Pembelajaran yang di Jatim Park I dikaitkan dengan pelajaran yang ada di sekolah.


Kelas 4 di Jatim Park 2

Jatim Park 2 letaknya tidak jauh dari Jatim Park 1 terletak di daerah Batu-Malang juga. Dimana Jatim Park 2 mempersembahkan Museum Satwa dan Batu Screet Zoo. Museum Satwa di Jatim Park 2 sudah berskala Internasional dan koleksi hewannya sudah di datangkan dari berbagai benua.


Hewan-hewan tersebut terdiri dari hewan yang bermetamorfosis sempurna maupun tidak sempurna. Sesuai dengan tugas anak-anak menggambar dan mengelompokkan hewan yang bermetamorfosis sempurna maupun yang tidak sempurna. Di dalam museum merupakan hewan-hewan yang diawetkan dan di luar museum yaitu Batu Screet Zoo merupakan hewan-hewan hidup

Tidak ada komentar:

Posting Komentar